TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/64202/ KW - Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru KW - Keaktifan Belajar Siswa KW - Hasil Belajar Mata Pelajaran TDO Siswa AV - public TI - PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TDO SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019 M1 - skripsi ID - UNY64202 PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Hartono, Kiswantoro Eko Y1 - 2019/05/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) adanya pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran TDO siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman Tahun Ajaran 2018/2019; 2) adanya pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran TDO siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman Tahun Ajaran 2018/2019; 3) adanya pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran TDO siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Uji coba instrumen kepada 33 siswa kelas X Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman. Uji coba instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan regresi sederhana, korelasi ganda, korelasi parsial, dan regresi ganda. Hasil penelitian: 1) adanya pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran TDO siswa kelas X Teknik Otomotif sebesar 19,7%; 2) adanya pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran TDO siswa kelas X Teknik Otomotif sebesar 15,3%; 3) adanya pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran TDO siswa kelas X Teknik Otomotif sebesar 26.4%. Selanjutnya dapat menjadi koreksi bagi siswa untuk memotivasi diri agar lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan bagi guru lebih inovatif dalam mengembangkan metode pembelajaran, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran TDO. ER -