@phdthesis{UNY64197, author = {Yuli Sutrisniyati}, title = {PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE DAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DITINJAU DARI PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PENGUKURAN SUDUT}, month = {May}, year = {2019}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/64197/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk membedakan penggunaan model pembelajaran Van Hiele dan model pembelajaran inquiry. Aspek yang diteliti adalah pemahaman belajar siswa pada materi pengukuran sudut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah true eksperimental design dengan bentuk pretest-posttest control control group desigin. Terdapat dua kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberi perlakuan model pembelajaran Van Hiele dan kelompok satunya diberi perlakuan model pembelajaran inquiry. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa soal pretest, soal posttest, dan RPP. Data penelitian disajikan menggunakan analisis statistik inferensial dengan uji prasyarat berupa uji normalias dan uji homogenitas. Uji hipotesis berupa uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest dan posttest kelompok Van Hiele mengalami peningkatan dari 52,67 menjadi 70 dan kelompok inquiry mengalami peningkatan dari 53,33 menjadi 67,06. Uji t untuk nilai posttest kelompok Van Hiele dan inquiry adalah sebesar 0,439 dimana nilai tersebut lebih besar dari 0,05 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa tingkat pemahaman akhir untuk siswa kelompok Van Hiele dan kelompok inquiry sama. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan rerata pemahaman belajar secara signifikan pada materi pengukuran sudut antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran Van Hiele dan model pembelajaran inquiry pada kelas IV di SD N Somongari Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Kata kunci: model pembelajaran Van Hiele, model pembelajaran inquiry, pemahaman belajar} }