%L UNY64196 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa terhadap muatan IPA melalui model pembelajaran guided discovery pada siswa kelas IVA SD Negeri Rejowinangun I. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri Rejowinangin I yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, skala, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan rasa ingin tahu siswa melalui model pembelajaran guided discovery. Tahapan model guided discovery yaitu (1) guru memaparkan topik yang akan dikaji, (2) guru mengajukan permasalahan atau pertanyaan, (3) guru membimbing dalam perumusan hipotesis dan merencanakan percobaan, (4) guru memfasilitasi kelompok dalam melaksanakan percobaan, (5) guru membimbing melakukan percobaan untuk mengumpulkan data, (6) guru membimbing kelompok menganalisis data serta membuat laporan hasil percobaan, dan (7) guru membimbing kelompok memaparkan hasil investigasi dan mengemukakan konsep yang ditemukan. Peningkatan rasa ingin tahu siswa dapat dilihat dari hasil observasi siswa dan skala. Hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 62,96%, meningkat pada siklus II menjadi 81,48%. Hasil skala rasa ingin tahu siswa pada siklus I sebesar 74,38% meningkat pada siklus II menjadi 85,19%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model guided discovery dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa kelas IVA SD N Rejowinangun I. Kata kunci: rasa ingin tahu, model pembelajaran guided discovery. %D 2019 %T PENINGKATAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MUATAN IPA KELAS IVA SD NEGERI REJOWINANGUN I %A Kurnia Saraswati