%0 Thesis %9 S1 %A Nurhidayati, Titis %B PGSD %D 2019 %F UNY:64193 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA SISWA KELAS V SD SENDANGSARI KABUPATEN BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/64193/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran tematik bermuatan IPA melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek siswa kelas V SD Sendangsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala, observasi, dan tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian pada siswa kelas V SD Sendangsari Kabupaten Bantul dengan jumlah siswa 24 siswa, 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata motivasi belajar siswa. Pada kondisi awal 66,57% dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek pada siklus I rata-rata menjadi 74,87% yang artinya terjadi peningkatan sebesar 8,30%. Pemahaman konsep siswa juga meningkat dengan rata-rata pada kondisi awal 58,96 dan pada siklus I memperoleh rata-rata 72,71 yang artinya terjadi peningkatan sebesar 13,75 Tahapan model pembelajaran berbasis proyek yaitu (1) memperoleh ide, (2) merancang proyek, (3) menyetel proyek, (4) membuat proyek, (5) memamerkan proyek. Setelah dilakukan perbaikan dengan arahan untuk setiap kelompok membagi tugas secara merata dan pameran dilaksanakan dengan awalan persentasi dan dilajutkan dengan unjuk karya, motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa meningkat pada siklus II. Perolehan rata-rata motivasi belajar pada siklus II yaitu 77,51 % dengan peningkatan 2,64 % pemahaman konsep dengan rata-rata 80,10 dengan peningkatan 7,39. Kata Kunci : motivasi belajar, pemahaman konsep, model pembelajaran berbasis proyek