%0 Thesis %9 S1 %A Hasana, Frida %B Fakutas Teknik UNY %D 2019 %F UNY:64152 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K kuasi eksperimen, problem based learning, trainer kit %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN TRAINER KIT INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK N 1 PUNDONG %U http://eprints.uny.ac.id/64152/ %X Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa pada aspek kognitif antara yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan trainer kit instalasi motor listrik dengan yang tidak menggunakannya; (2) perbedaan hasil belajar siswa pada aspek afektif antara yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan trainer kit instalasi motor listrik dengan yang tidak menggunakannya; (3) perbedaan hasil belajar siswa pada aspek psikomotor antara yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan trainer kit instalasi motor listrik dengan yang tidak menggunakannya; (4) efektivitas penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan trainer kit jika ditinjau dari aspek kognitif. Penelitian ini berjenis kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. pengambilan data penelitian ini bertempat di SMK N 1 Pundong dengan total subjek sebanyak 62 siswa kelas XI TITL. Kelas TITL A sebagai kelas kontrol dan kelas TITL B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian telah melalui tahap validitas oleh expert judgement, uji validitas, dan uji reliabilitas. teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif, uji Independent Sample T, dan uji Gain. Hasil penelitian ini yaitu: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada aspek kognitif menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan trainer kit, hal ini dibuktikan dengan nilai sig.hitung yang lebih kecil dari sig.penelitian (0,002<0,05); (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada aspek afektif menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan trainer kit. Hasil uji statistik menampilkan bahwa nilai sig.hitung lebih kecil dari nilai sig.penelitian (0,004<0,05); (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada aspek psikomotor menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan trainer kit. Hasil uji statistik menampilkan bahwa nilai sig.hitung lebih kecil dari nilai sig.penelitian (0,00<0,05); (4) Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan trainer kit lebih efektif untuk meningkatkan aspek kognitif dibandingkan dengan model ceramah dan diskusi. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji rata-rata Gain kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol (0,566 > 0,280).