%X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan model multimedia
pembelajaran interaktif yang tepat pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik,
(2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif instalasi tenaga
listrik dari aspek media dan aspek materi, (3) mengetahui tanggapan siswa
terhadap multimedia pembelajaran interaktif instalasi tenaga listrik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and
development). Model pengembangan produk mengadaptasi model pengembangan
multimedia ADDIE yang terdiri atas: (1) analisis (analysis), (2) perancangan
(design), (3) pengembangan dan implementasi (development and implementation),
dan (4) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, wawancara, dan angket. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan
oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Evaluasi produk dibagi ke dalam uji coba
kelompok kecil yang melibatkan 6 siswa kelas XI TITL B dan uji coba lapangan
yang melibatkan 30 siswa kelas XI TITL A Program Keahlian Teknik
Ketenagalistrikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data
deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah: (1) model multimedia pembelajaran interaktif
instalasi tenaga listrik yang tepat pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik
meliputi unsur materi pokok bahasan instalasi tenaga listrik, sistem pembumian
dan penangkal petir, latihan soal evaluasi untuk mengukur tingkat pemahaman
pengguna, objek multimedia yang mendukung penyajian materi, tata letak (layout)
yang konsisten, tampilan visual yang menarik, komposisi warna yang serasi, dan
kemudahan pengoperasian program; (2) kelayakan multimedia pembelajaran
instalasi tenaga listrik, berdasarkan penilaian ahli media diperoleh skor 73,50 atau
dalam kategori “layak”, dan penilaian ahli materi diperoleh skor 82,00 atau dalam
kategori “layak”; (3) dari respon penilaian siswa terhadap multimedia
pembelajaran interaktif instalasi tenaga listrik diketahui bahwa 68,80% siswa pada
uji coba lapangan menyatakan produk dalam kategori “sangat baik”.
%A Ilyas Rif’at Pradana
%T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PUNDONG
%L UNY64066
%D 2019
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%K Multimedia pembelajaran interaktif, teknik ketenagalistrikan,
ADDIE