%0 Thesis %9 S1 %A Saputra, Muhammad Yuli %A Pamuji Sukoco, %B PGSD Penjas %D 2019 %F UNY:64062 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K hiperaktif, peserta didik, pembelajaran Penjas %T UPAYA GURU PJOK DALAM MENGATASI ANAK HIPERAKTIF SAAT PROSES PEMBELAJARAN PENJAS DI SD NEGERI KRAPYAK, GODEAN, SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/64062/ %X Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk untuk mengetahui bagaimana cara guru PJOK di SD Negeri Krapyak, Godean, Sleman dalammenangani peserta didikuntuk mencapai proses pembelajaran yang tepat dan upaya guru dalam menghadapi anak hiperaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Waktu penelitian dilaksanakan selama 2 bulan dengan subjek penelitian yaitu guru PJOK SD Negeri Krapyak, Godean, Sleman. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan beberapa metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti kepada guru PJOK SD Negeri Krapyak. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan secara desktiptif dengan mengolah data berdasarkan pengumpulan data. Setelah data-data yang dibutuhkan telah terpenuhi, kemudian akan dilanjutkan dengan mendeskripsikan secara kualitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan didapatkan kesimpulanbahwaupaya guru PJOK dalam mengatasi anak hiperaktif saat proses pembelajaran penjas di SD Negeri Krapyak, Godean, Sleman memiliki berbagai metode sesuai dengan tingkatan dan perilaku anak. Metode-metode yang diberikan oleh guru tersebut yaitu, memberikan pujian, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tidak memberikan waktu anak untuk asyik sendiri, mengembangkan sikap sosial, memberikan perhatian khusus dengan menasihati, dan sering menjadikan anak sebagai contoh kepada teman yang lain.