@phdthesis{UNY63932, year = {2019}, author = {Rr Lidwina Braniati Ayuningtyas SP}, title = {PENGARUH PEMBELAJARAN TAEKWONDO TERHADAP KEBUGARAN FISIK ANAK USIA 8-12 TAHUN}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan}, keywords = {pengaruh, pembelajaran taekwondo, kebugaran fisik}, url = {http://eprints.uny.ac.id/63932/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran taekwondo terhadap kebugaran fisik anak usia 8-12 tahun Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model one gruop pretest posttest design. Subjek penelitian adalah anak usia 8-12 tahun yang berjumlah 10 anak. Instrumen yang digunakan untuk kebugarn fisik menggunakan TKJI yang terdiri dari lari 40 meter, gantung siku tekuk, baring duduk, loncat tegak, dan lari 600 meter. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (paired sample t test). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisisi uji t diatas telah diperoleh nilai t hitung (5,217) {\ensuremath{>}} t tabel (2,262), dan nilai p (0,001) {\ensuremath{<}} dari 0,05, hasil tersebut diartikan ada pengaruh pembelajaran taekwondo terhadap kebugaran fisik anak usia 8-12 tahun, dengan peningkatan sebesar 36,49 \%. Hasil tersebut disimpulkan ada pengaruh pembelajaran taekwondo terhadap kebugaran fisik anak usia 8-12 tahun.} }