TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan TI - KUALITAS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA PENILAIAN AKHIR SEMESTER I MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN WATES TAHUN PELAJARAN 2018/2019 A1 - Fauziyyah, Nisa AV - restricted ID - UNY63906 Y1 - 2019/05/22/ UR - http://eprints.uny.ac.id/63906/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal pilihan ganda Penilaian Akhir Semester I Mata Pelajaran Matematika Kelas V Tahun Pelajaran 2018/2019 di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Wates berdasarkan tingkat kesukaran, indeks daya pembeda, dan efektivitas pengecoh serta reliabilitas soal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Wates yang menerapkan kurikulum 2013 sebanyak 747 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 264 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data secara kuantitatif untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal, indeks daya pembeda, dan efektivitas pengecoh dilakukan dengan bantuan program MicroCat ITEMAN versi 3.00 Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Sebagian besar soal (80%) termasuk kategori sedang dan sebagian lainnya (20%) termasuk kategori sukar. (2) Separuh soal (53,33%) memiliki indeks daya pembeda sangat baik, 4 soal memiliki indeks daya pembeda (26,67%) cukup baik, 1 soal memiliki indeks daya pembeda (6,67%) sedang, dan 2 soal (13,33%) memiliki indeks daya pembeda buruk. (3) Pengecoh pada 13 soal (87%) berfungsi dengan baik dan pengecoh pada 2 soal (13%) tidak berfungsi dengan baik. (4) Soal memiliki validitas yang cukup yaitu sebesar 0,412. (5) Soal memiliki reliabilitas yang cukup yaitu sebesar 0,661. Kata kunci: kualitas butir soal, mata pelajaran matematika ER -