TY  - THES
ID  - UNY63904
Y1  - 2019/05/09/
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan guru dalam
pelaksanaan proses belajar mengajar pada Program Keahlian Teknik Geomatika
SMK Negeri 2 Yogyakarta yang ditinjau dari 3 aspek, yaitu: (1) aspek persiapan
mengajar, (2) aspek pelaksanaan PBM, dan (3) aspek evaluasi pembelajaran.
Subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran produktif, siswa kelas X dan
XI Program Keahlian Teknik Geomatika. Objek penelitian yaitu tingkat kesiapan
guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pada aspek persiapan
mengajar, aspek pelaksanaan PBM, dan aspek evaluasi pembelajaran. Jenis
penelitian yaitu deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu wawancara dan
kuisioner. Responden guru sebanyak 2 orang dan siswa sebanyak 60 orang.
Pengambilan sampel guru adalah seluruh populasi guru Program Keahlian
Teknik Geomatika. Pengambilan sampel siswa adalah seluruh populasi siswa
Program Keahlian Teknik Geomatika kelas X dan XI. Uji validitas instrumen
dilakukan dengan experts judgment dan dinyatakan valid. Koefisien reliabilitas
instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan dinyatakan reliabel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kesiapan guru pada: (1) aspek
persiapan mengajar yaitu guru tidak membuat RPP, (2) aspek pelaksanaan PBM
dalam kategori ?SIAP? yaitu 60%, dan (3) aspek evaluasi pembelajaran yaitu guru
tidak membuat rencana teknik penilaian ataupun instrumen penilaian.
PB  - Universitas Negeri Yogyakarta
M1  - skripsi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/63904/
TI  - ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GEOMATIKA SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
A1  - Ningtias, Nidya Ayu
AV  - public
KW  - tingkat kesiapan
KW  -  persiapan mengajar
KW  -  pelaksanaan PBM
KW  -  evaluasi pembelajaran
ER  -