eprintid: 63856 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 1278 dir: disk0/00/06/38/56 datestamp: 2019-05-20 01:19:17 lastmod: 2019-05-20 01:19:17 status_changed: 2019-05-20 01:19:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Cahyani, Riska title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PENGGUNAAN TOTAL STATION UNTUK PENGUKURAN POLIGON TERTUTUP ispublished: pub subjects: tekno_sipil divisions: ft_jurdik_sipil_pend_sipil full_text_status: public keywords: media pembelajaran, total station, poligon, penelitian R&D abstract: Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan konsep media pembelajaran berbasis video animasi pengukuran poligon tertutup; (2) Menghasilkan rancangan media pembelajaran berbasis video animasi pengukuran poligon tertutup; (3) Memvalidasi media pembelajaran berbasis video animasi pengukuran poligon tertutup; (4) Menyebarluaskan media pembelajaran berbasis video animasi pengukuran poligon tertutup. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) oleh Thiagarajan, meliputi empat tahapan, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket dengan skala likert 4 pilihan jawaban. Angket tersebut digunakan dalam proses validasi ahli dan penilaian kelayakan oleh pengguna (mahasiswa). Data hasil angket dianalisis secara kuantitatif. Selanjutnya hasil analisis digunakan untuk revisi media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) diperoleh media pembelajaran berbasis video animasi dengan materi pengukuran poligon tertutup; (2) rancangan awal media terdiri dari lima menu utama; (3) berdasarkan penilaian ahli materi video pembelajaran masuk dalam kategori “sangat layak” dengan perolehan skor rata-rata 76,2 dan persentase 81,333%; berdasarkan penilaian ahli media video pembelajaran masuk dalam kategori “sangat layak” dengan perolehan skor rata-rata 95 dan persentase kelayakan 91,378 %; berdasarkan penilaian pengguna (mahasiswa) video memperoleh skor rata-rata sebesar 87,182 dan persentase 87,275% kategori “sangat layak”; (4) penyebaran dilakukan dengan dua cara yaitu secara offline menggunakan flashdisk dan online melalui you tube. date: 2019-05-16 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Fakutas Teknik UNY thesis_type: skripsi citation: Cahyani, Riska (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PENGGUNAAN TOTAL STATION UNTUK PENGUKURAN POLIGON TERTUTUP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/63856/1/2.%20HALAMAN%20JUDUL%20COVER%20S.D%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/63856/2/10.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/63856/3/3.%20BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/63856/4/4.%20BAB%20II%20KAJIAN%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/63856/5/5.%20BAB%20III%20METODE%20PENELITIAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/63856/6/6.%20BAB%20IV%20HASIL%20PENELITIAN%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/63856/7/7.%20BAB%20V%20SIMPULAN%20DAN%20SARAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/63856/8/8.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/63856/9/9.%20LAMPIRAN.pdf