%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh budaya kerja terhadap kinerja guru; (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru; (3) pengaruh supervisi pendidikan terhadap kinerja guru; dan (4) pengaruh budaya kerja, motivasi kerja, dan supervisi pendidikan terhadap kinerja guru PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul berjumlah 48 guru, yang terdiri atas 19 sekolah yang diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket yang disebarkan melalui google formulir. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresis berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya kerja terhadap kinerja guru PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, dengan nilai t hitung 4,200 > t tabel 2,013 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, dengan nilai t hitung 2,229 > t tabel 2,013 dan nilai signifikansi 0,031 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi terhadap kinerja guru PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, dengan nilai t hitung 2,313 > t tabel 2,013 dan nilai signifikansi 0,025 < 0,05. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya kerja, motivasi kerja, dan supervisi pendidikan terhadap kinerja guru PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, dengan nilai F hitung 348,970 > F tabel 2,82, dan nilai sig. 0,000 < 0,05.
%D 2021
%T Pengaruh Budaya Kerja, Motivasi Kerja, dan Supervisi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul
%A Dwi Murti Yadi
%I Fakultas Ilmu Keolahragaan
%K pendidikan jasmani, guru
%O Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
%L UNY63845