%L UNY63843 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DI SD NEGERI GEMBONGAN SENTOLO %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter cinta tanah air di SD Negeri Gembongan Sentolo, yang dilihat dari berbagai aspek yaitu melalui perencanaan, pelaksanaan,evaluasi, dan juga mengetahui hambatan apa saja yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter di SD Negeri Gembongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah SD Negeri Gembongan dan objek penelitian adalah karakter cinta tanah air, narasumber dalam penelitia ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas V, dan perwakilan siswa kelas V. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Negeri Gembongan telah mengimplementasikan pendidikan karakter cinta tanah air dengan baik melalui pembelajaran, budaya sekolah dan pengembangan diri siswa, dalam bentuk kegiatan dan program sekolah atau kelas yang berjalan dengan baik dan rutin dilaksanakan, hal tersebut tampak dari berbagai kegiatan yang bisa diikuti siswa dalam mendukung terbentuknya karakter cinta tanah air seperti ekstrakurikuler gamelan dan karawitan, tari tradisional, Pramuka, seni musik. Kepedulian sekolah dalam pembentukan karakter cinta tanah air juga dilihat melalui diadakanya berbagai kegiatan untuk memperingati hari besar nasional. Di dalam kelas guru mengenalkan salam PPK yang berisi 5 pilar penting karakter yang harus dimiliki siswa yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong – royong, dan integritas. Kata kunci: pendidikan karakter, cinta tanah air %D 2019 %A Bagas Adi Atma