%L UNY63840 %K media pembelajaran, materi tweening, research and development %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuat media pembelajaran yang dapat mengatasi problem pembelajaran materi tweening berupa video dan evaluasi di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. (2) menguji kualitas media pembelajaran interaktif pada materi tweening dengan melakukan pengujian alfa dan beta. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) sebagai metode penelitian dengan model pengembangan Allesi & Trolip. Tahapan dalam proses penelitian ini adalah Planning, Desain, dan Development. Pengujian yang dilakukan yaitu uji alpha dan uji beta. Pengujian alfa dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media serta pengujian beta dilakukan oleh siswa kelas XI Multimedia SMK Muhhamdiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 29 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) media pembelajaran berupa video dan evaluasi yang dapat membantu dan memudahkan proses pembelajaran siswa kelas XI multimedia untuk materi tweening di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. (2) Hasil uji alfa yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dikategorikan sangat layak dengan presentase kelayakan 86,3% dan 83,6% dan uji beta dilakukan oleh siswa kelas XI Multimedia di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta dikategorika layak dengan presentase kelayakan 77,7%. %A Yusi Safitri Depiantiwi %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2019 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI TWEENING DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA