%0 Thesis %9 S1 %A Kholifah, Risma Nur %B PGSD %D 2019 %F UNY:63827 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N GUNUNGPRING 2 %U http://eprints.uny.ac.id/63827/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD N Gunungpring 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang berlangsung dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Gunungpring 2. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara dekskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan kerjasama dari siklus I sampai siklus II. Kerjasama siswa dapat meningkat melalui berbagai proses, yaitu 1) pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah NHT, 2) pemberian reward saat tahap answering mampu meningkatkan motivasi setiap anggota untuk saling bekerjasama. Peningkatan kemampuan kerjasama dapat dilihat melalui hasil perhitungan skor kemampuan kerjasama siswa siklus I sebesar 68,45% dengan kategori tinggi dan meningkat pada siklus II sebesar 80,51% dengan kategori sangat tinggi. Peningkatan juga terjadi pada masing-masing indikator kemampuan kerjasama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas V SD N Gunungpring 2 pada mata pelajaran IPA. Kata kunci : kemampuan kerjasama, model pembelajaran kooperatif tipe NHT Kata kunci : kemampuan kerjasama, model pembelajaran kooperatif tipe NHT