%A Hanun Zata Amanisa %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas VC SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi (1) tahap perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VC SD Negeri Kotagede 1, Yogyakarta yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan skala motivasi belajar IPS. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar IPS siswa meningkat ditandai dengan meningkatnya persentase skor perolehan motivasi belajar IPS siswa pada pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Hasil skor perolehan motivasi belajar IPS pada saat pra tindakan yaitu 53,45% (rendah) meningkat menjadi 76,12% (tinggi) pada siklus I dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 86,28% (sangat tinggi). Kata kunci: motivasi belajar IPS, model pembelajaran quantum teaching. %L UNY63821 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2019 %T PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VC SD NEGERI KOTAGEDE I YOGYAKARTA