%A Wahyu Iswantara %X ABSTRAK Melihat latar belakang masalah diketahui siswa kelas IV SD Pabelan 2 belum mempunyai teknik dasar yang benar dalam melakukan servis atas bolavoli, maka pendekatan PAKEM menjadi salah satu metode pembelajaran efektif dalam meningkatkan pembelajaran servis atas bolavoli. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran servis atas bolavoli melalui pendekatan PAKEM pada siswa kelas IV SD Negeri Pabelan 2, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pabelan 2 yang berjumlah 28 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar servis atas bolavoli. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui tiap siklus, menunjukkan bahwa hasil observasi, angket dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran servis atas bolavoli selalu ada peningkatan yang baik, selain itu dorongan dari guru kepada para siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang diberikan dengan metode atau pendekatan pembelajaran yang baru. Besarnya persentase yaitu peningkatan awal pertemuan sebelum diberi tindakan ke siklus 1 terjadi peningkatan 26,49 %, peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,04 %, dan peningkatan dari awal sampai ke siklus II sebesar 44,4 %. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata (mean) yaitu sebelum diberi PAKEM diperoleh rata-rata 53,17, pada siklus I diperoleh 67,29 dan pada siklus II diperoleh 76,71. Kata Kunci : Servis Atas Bolavoli, Pendekatan PAKEM, kelas IV SD %L UNY6382 %D 2012 %I FIK %T PENINGKATAN PEMBELAJARAN SERVIS ATAS PERMAINAN BOLAVOLI MINI MELALUI PENDEKATAN PAKEM SISWA KELAS IV SD NEGERI PABELAN 2 KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG