%A Arini Khoiriyah %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model environmental learning pada peserta didik kelas IV SD Negeri Kemiren. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Kemiren tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 peserta didik, terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Desain penelitian menggunaan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah 75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu ≥75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS peserta didik setelah menggunakan model environmental learning dalam pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata kelas dari siklus I sebesar 81.45 meningkat menjadi 86.1 pada siklus II. Pada siklus I sebesar 70%dari keseluruhan jumlah peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar kemudian meningkat menjadi 90% pada siklus II . Kata kunci: hasil belajar, environmental learning, kelas IV SD %D 2019 %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL ENVIRONMENTAL LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KEMIREN KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG %L UNY63813 %I Fakultas Ilmu Pendidikan