%0 Thesis %9 S1 %A Purnomo, Lukman Budhi %B Fakutas Teknik UNY %D 2019 %F UNY:63786 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Model Pembelajaran Inkuiri, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar %T IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKRO 3 SMKN 2 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/63786/ %X Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X TKRO 3 SMKN 2 Yogyakarta pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif, 2) untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKRO 3 SMKN 2 Yogyakarta pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan desain Kemmis & Mc Taggart. Desain Kemmis & Mc Taggart terdiri dari tahap perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TKRO 3 SMKN 2 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 32 siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: 1) keaktifan belajar siswa sekurangkurangnya 51%, 2) ketuntasan belajar siswa sekurang-kurangnya 75%. Teknik pengumpulan data mengunakan metode observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan data keaktifan belajar siswa sebesar 60,71% pada siklus I dan 62,67% pada siklus II. 2) Implementasi model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,48 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 85,2% pada siklus I dan rata-rata kelas sebesar 91,56 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 93,5% pada siklus II.