TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/63706/ AV - restricted TI - UPAYA MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PAKEM M1 - skripsi ID - UNY63706 PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Jeehana Dwi Astuti, Jeehana N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dalam konseling kelompok teknik self management sebagai upaya menurunkan prokrastinasi akademik siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pakem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pakem sebanyak 26 siswa sebagai subjek pre-test yang selanjutnya terpilih 5 siswa menjadi anggota konseling kelompok. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa skala prokrastinasi akademik. Penentuan skorisasi skala didasarkan pada perhitungan skala Likert, sedangkan untuk uji validitas instrument yang digunakan berupa uji validitas korelasi product Moment dan uji reliabilitas yang digunakan adalah uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbac. Berdasarkan hasil uji validitas instrument didapatkan 24 item valid dari jumlah semula sebanyak 32 item dan nilai reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,885 dan termasuk dalam kategori tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah siswa mampu mencapai skor ? 42 atau berada dalam kategori rendah. Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa : konseling kelompok teknik self management dapat menurunkan prokrastinasi akademik siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pakem. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari siklus ke I terdapat 4 kali tindakan dan siklus ke II terdapat 3 kali tindakan. Hasil rata-rata pre-test siswa sebesar 72,6 mengalami penurunan pada post-test siklus ke I sebesar 49,6 dan post-test siklus ke II sebesar 41. Berdasarkan hasil tersebut berarti selalu ada penurunan setiap siklus. Kata kunci : Prokrastinasi akademik, self management Y1 - 2019/11/11/ ER -