TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/63673/ N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran papan pita konversi satuan (papikon) yang layak digunakan untuk pembelajaran matematika kelas 4 SD Temanggal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan 7 dari 10 tahap dari model Borg and Gall. Tahap-tahap yang dilakukan oleh peneliti yakni pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk akhir. Wawancara, observasi, dan angket merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti, sedangkan analisis data, peneliti menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengembangan media papan pita konversi satuan (papikon) sudah dikatakan layak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi media dan validasi materi oleh ahli menunjukkan kategori sangat baik dengan skor rata-rata validasi media adalah 4,28 dan validasi materi 4,85. Pada uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama hasil juga menunjukkan kategori sangat baik dengan skor rata-rata 4,34 dan 4,45. Produk akhir papan pita konversi satuan (papikon) yang diperoleh merupakan hasil dari beberapa revisi, sebagian besar revisi adalah pada ukuran media papikon dan ukuran kartu alat ukur agar media bisa maksimal digunakan untuk berkelompok. Ada pula revisi pada latihan soal yaitu penambahan soal cerita untuk membantu siswa mengenal keterkaitan materi dengan kehidupan sehari-hari. Kata kunci : pengembangan media, pita satuan, papan pita konversi satuan M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PITA KONVERSI SATUAN (PAPIKON) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 SD N TEMANGGAL PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Sari, Cahyani Yunita AV - restricted Y1 - 2019/04/24/ ID - UNY63673 ER -