%0 Thesis %9 S1 %A Agnes, Rahadyan Mariske %B PGSD %D 2019 %F UNY:63671 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DI SD NEGERI KALIAJIR SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/63671/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas V pada mata pelajaran IPS menggunakan metode mind mapping di SD Negeri Kaliajir Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri Kaliajir Sleman yang berjumlah 29 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal persentase rerata tiap jenis aktivitas siswa mencapai ≥ 75% kategori sangat baik. Proses pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping dilakukan dengan langkah-langkah, yaitu: (1) menyajikan konsep, (2) membentuk kelompok, (3) membagikan lembar kerja, (4) membuat mind mapping, dan (5) presentasi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan siswa setelah menggunakan metode mind mapping yaitu peningkatan persentase rerata aktivitas oral mencapai 55% (baik) pada siklus I menjadi 78% (sangat baik) pada siklus II, aktivitas visual mencapai 63% (baik) pada siklus I menjadi 84% (sangat baik) pada siklus II, aktivitas mendengarkan mencapai 67% (baik) pada siklus I menjadi 84% (sangat baik) pada siklus II, aktivitas menulis mencapai 67% (baik) pada siklus I menjadi 92% (sangat baik), dan aktivitas menggambar mencapai 64% (baik) pada siklus I menjadi 85% (sangat baik) pada siklus II. Kata kunci: keaktifan siswa, metode mind mapping