@phdthesis{UNY63632, author = {Dwi Ahmad Arif}, title = {EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBELAJARAN SEKOLAH SUB T-TEP TOYOTA (TOYOTA-TECHNICAL EDUCATION PROGRAM) DI SMK NEGERI 2 PENGASIH}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, month = {April}, year = {2019}, keywords = {implementasi, efektivitas, program pembelajaran}, url = {http://eprints.uny.ac.id/63632/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui informasi tentang implementasi program Sekolah Sub T-TEP Toyota di SMK Negeri 2 Pengasih, ditinjau dari aspek: (a) penerapan kurikulum Toyota; (b) kerjasama industri dalam pelaksanaan Prakerin siswa; (c) pelatihan tenaga pengajar, dan (d) fasilitas sarana dan prasarana program; (2) mengetahui efektivitas program pembelajaran Sekolah Sub T-TEP Toyota di SMK Negeri 2 Pengasih ditinjau dari hasil pembelajaran siswa; (3) mengetahui informasi tentang faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam kerjasama program Sekolah Sub T-TEP Toyota di SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, WKS. Kurikulum Sekolah, Kaprodi Teknik Otomotif, Guru Kompetensi TKR, Kepala Program T-TEP Toyota, dan siswa Kelas XII TKR 1 dan 2 sebanyak 63 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket tertutup. Validitas instrumen dilakukan dengan uji coba instrumen terpakai. Analisis data kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi program kemitraan antara SMK Negeri 2 Pengasih dengan PT. Toyota Astra Motor diketahui telah berjalan dan terlaksana. Keempat aspek program yaitu implementasi kurikulum, pelatihan guru, kerjasama industri dalam pelaksanaan praktik kerja industri siswa, dan kerjasama donasi alat dan peralatan diketahui sudah terlaksana. Hasil penelitian menunjukan 15 indikator program dalam kategori sesuai, 3 indikator dalam kategori sangat sesuai dan 2 indikator kurang sesuai. Indikator program yang masuk dalam kategori kurang sesuai adalah rasio jumlah penerimaan siswa yang masuk dalam program Nasmoco dan rasio jumlah guru yang mendapat pelatihan; (2) program pembelajaran Sekolah Sub T-TEP Toyota diketahui belum berhasil dan efektif, dikarenakan persentase ketuntasan belajar kelas XII TKR 1 dan 2 hanya sebesar 48,39\% dan 25,00\%; (3) faktor pendukung dalam pelaksanaan program yaitu adanya dukungan dari pemerintah, komitmen, antusiasme, sarana dan prasarana sekolah yang memadai serta kualitas SDM siswa yang bagus, sedangkan faktor penghambatnya adalah pemahaman serta keterampilan guru yang belum 100\% menguasai teknologi Toyota, keterbatasan dalam transfer teknologi serta keterbatasan biaya.} }