%I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2019 %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI BAHASAN IPS TENTANG KENAMPAKAN ALAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 JANTURAN PENGASIH %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar kognitif materi bahasan IPS tentang kenampakan alam pada siswa kelas V SD Negeri 2 Janturan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group desain. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan menggunakan media diorama, sedangkan kelompok kontrol menggunakan buku siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk guru, soal tes, dan dokumen hasil belajar. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu dengan uji mean hasil posttest kelompok eksperimen dan kontrol, serta dengan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yaitu 85,36 berada pada kategori hasil belajar sangat baik lebih tinggi satu tingkat dari rata-rata nilai posttest kelompok kontrol yaitu 78,25 yang berada pada kategori baik. Hasil penelitian ini didukung oleh hasil uji N-Gain kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 0,7>0,3. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dimaknai bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan hasil belajar materi bahasan IPS yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar IPS tentang kenampakan alam pada siswa kelas V SD negeri 2 Janturan tahun 2018/2019. Kata kunci: media diorama, hasil belajar IPS %A Zuhri Nurendah Puspitadewi %L UNY63596