%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas V pada Tema 7 bermuatan IPS melalui metode bermain peran di SD Negeri Widoro, Pengasih, Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Widoro, Pengasih, Kulon Progo yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data hasil percaya diri siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk memperoleh hasil aspek percaya diri dalam proses pelaksanaan pembelajaran pada Tema 7 bermuatan IPS melalui metode bermain peran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil percaya diri siswa dan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi percaya diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran pada Tematik bermuatan IPS dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas V SD N Widoro. Berdasarkan hasil angket yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS. Persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 33,33%, Siklus I sebesar 58,33%, dan siklus II sebesar 91,67%. Secara proses, menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat, terlihat dari siswa lebih aktif, komunikatif serta suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Kata kunci : percaya diri, Tema 7 bermuatan IPS, metode bermain peran %A Aulia Anggit Hanwita %L UNY63550 %D 2019 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS V PADA TEMA 7 BERMUATAN IPS MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SD NEGERI WIDORO, PENGASIH, KULON PROGO