%A Putri Putri Luthfiyatul Chasanah %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif pemilihan studi lanjut pada siswa kelas IX SMP N 2 Berbah yang layak sebagai multimedia pemilihan studi lanjut siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan strategi pengembangan Borg dan Gall.Tahap pengembangan yang dilakukan adalah penelitian awal dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, revisi produk uji coba lapangan utama, uji coba lapangan operasional, revisi produk produk akhir. Subyek uji coba lapangan awal 4 siswa, subyek uji lapangan utama sejumlah 16 siswa dan subyek uji lapangan operasional sejumlah 32 siswa SMPN 2 Berbah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan gabungan deskritif kualitatif dan kuantitatif. Hasil peneneltian dan pengembangan multimedia interaktif disimpulkan sebagai berikut : (1) Hasil penilaian dari ahli media “layak” dengan skor 3,65 (2) Penilaian ahli materi “layak” dengan skor 3,67 (3) Hasil uji coba lapangan awal oleh guru BK “layak” dengan skor 3,80 sedangkan uji coba lapangan awal oleh siswa “layak” dengan skor 3,35 (4) Hasil uji coba lapangan utama “layak” dengan skor 3,42 (5) Hasil uji coba lapangan oprasional “layak” dengan skor 3,48. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pemilihan study lanjut pada siswa SMP layak untuk digunakan. Kata kunci: multimedia interaktif, pemilihan studi lanjut, siswa kelas IX SMP %L UNY63532 %D 2018 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMILIHAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 BERBAH