@phdthesis{UNY63530, year = {2019}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, title = {PERAN GURU KELAS DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS III SDIT AL KHAIRAAT KOTA YOGYAKARTA}, author = {Alfiana Nurussama}, month = {April}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam menangani perilaku bullying pada siswa kelas III SDIT Al-Khairaat Kota Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah perilaku bullying yang terjadi di antara siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini meliputi guru kelas, siswa sebagai pelaku bullying, siswa sebagai korban bullying, dan siswa sebagai penonton bullying. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, peran guru kelas dalam menangani bullying dapat dijabarkan dalam empat aspek yaitu; (1) sebagai mediator dan fasilitator yang dilakukan dengan cara penumbuhan hubungan yang positif, mendorong tingkah laku sosial yang baik, dan mengupayakan sumber belajar; (2) sebagai pembimbing melalui pemberian penjelasan mengenai bullying kepada siswa dan pemberian tindakan saat terjadi bullying; (3) sebagai penasihat melalui pemberian saran pada pelaku dan korban bullying; (4) hasil penanganan guru kelas terhadap pelaku dan korban bullying dimana pelaku sudah memiliki keinginan untuk tidak melakukan bullying lagi, dapat mengakui kesalahan yang diperbuat dan menjalankan konsekuensi. Sedangkan hasil penanganan terhadap korban adalah korban sudah dapat memilih teman yang dirasa bersahabat, korban mau memaafkan dan tidak menyimpan dendam. Kata kunci: peran guru kelas, bullying.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/63530/} }