<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RASA INGIN TAHU MELALUI INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA SISWA KELAS IV SD N KREBET SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL"^^ . "Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran tematik bermuatan IPA melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa kelas IV SD N Krebet.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Krebet yang berjumlah 29 siswa.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa yang pada kondisi awal 59,48 dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan inkuiri terbimbing pada siklus I rata-rata skor mencapai angka 72,41 yang artinya terjadi peningkatan sebesar 12,93. Rasa ingin tahu siswa juga meningkat yang pada kondisi awal rata-rata persentase rasa ingin tahu siswa sebesar 70,73% dan pada siklus I rata-rata persentase mencapai 75,26% yang artinya terjadi peningkatan sebesar 4,53%. Tahapan model inkuiri terbimbing diantaranya (1) orientasi, (2) merumuskan masalah, (3) merumuskan hipotesis, (4) mengumpulkan data, dan (5) menganalisis data dan membuat kesimpulan. Setelah dilakukan perbaikan oleh guru yaitu meningkatkan keterampilan bertanya dan perhatian kepada siswa saat membimbing percobaan, memberikan LKS kepada setiap siswa, dan memberikan bimbingan dengan membacakan satu persatu langkah percobaan, skor kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa meningkat. Skor rata-rata kemampuan berpikir kritis pada siklus II mencapai angka 78,79 yang artinya terjadi peningkatan sebesar 6,38. Rasa ingin tahu siswa juga meningkat pada siklus II dengan persentase rata-rata sebesar 78,36% yang artinya terjadi peningkatan sebesar 3,1 persen.\r\n\r\nKata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Rasa Ingin Tahu, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing"^^ . "2019-04-15" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Putri Rusdiana"^^ . "Shalihah"^^ . "Putri Rusdiana Shalihah"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RASA INGIN TAHU MELALUI INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA SISWA KELAS IV SD N KREBET SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RASA INGIN TAHU MELALUI INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA SISWA KELAS IV SD N KREBET SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RASA INGIN TAHU MELALUI INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA SISWA KELAS IV SD N KREBET SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RASA INGIN TAHU MELALUI INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA SISWA KELAS IV SD N KREBET SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RASA INGIN TAHU MELALUI INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA SISWA KELAS IV SD N KREBET SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RASA INGIN TAHU MELALUI INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA SISWA KELAS IV SD N KREBET SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #63503 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RASA INGIN TAHU MELALUI INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA SISWA KELAS IV SD N KREBET SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Pengetahuan Alam" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .