TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/63368/ KW - Dasar Listrik dan Elektronika KW - Keefektifan Pembelajaran KW - Media Mind Mapping Y1 - 2019/03/22/ A1 - Samodro, Viky Arya PB - Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY63368 AV - public M1 - skripsi TI - KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING DI KELAS X SMK NEGERI 1 SEDAYU N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) hasil penilaian siswa terhadap media mind mapping dalam pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X SMK Negeri 1 Sedayu dan bisa diterapkan pada mata pelajaran lain. (2) deskripsi keefektifan penggunaan media mind mapping pada pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X SMK Negeri 1 Sedayu. (3) perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X SMK Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan Randomized Control Grup Pretest-Postest. Populasi penelitian ini adalah siswa X TITL semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian terdiri dari 31 siswa kelas X TITL A sebagai kelas eksperimen (menggunankan media mind mapping), dan 32 siswa X TITL B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes, observasi aspek afektif-psikomotorik dan angket. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement. Uji reliabilitas dihitung menggunakan KR-20 sedangkan uji hipotesis menggunakan uji-t Independent Sample T-Test dan sample paired test Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Diperoleh hasil penilaian siswa terhadap media mind maping berdasarkan segi aspek tampilan 78,38% dalam kategori baik. Segi aspek materi 79,35% dalam ketegori baik, sedangkan dari segi aspek kemanfaatan 76,77% dalam kategori baik. Secara keseluruhan dari ketiga aspek tersebut diperoleh presentase sebesar 78,22% yang berarti siswa menaggapi dengan baik penerapan media pembelajaran mind mapping; (2) Diperoleh nilai keefektifan media mind mapping dengan nilai gain sebesar 0,431 untuk kelas eksperimen dan 0,395 untuk kelas kontrol; (3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa yang menggunakan model pembelajaran media mind mapping pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dari nilai pretest dan nilai afektif. Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran media mind mapping pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada nilai posttest dan nilai psikomotorik. ER -