%L UNY63359 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar dan minat melanjutkan studi Program Magister pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Prestasi belajar dalam penelitian ini digunakan sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket (kuesioner) dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2016. Sampel penelitian ini berjumlah 206 responden yang ditentukan dengan metode proportionate random sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan motivasi terhadap prestasi belajar secara langsung dengan nilai standardized regression sebesar 0,210 dan nilai critical ratio (c.r.) sebesar 2,836 dengan nilai probabilitas (p) sebesar 0,005, (2) terdapat pengaruh signifikan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar secara langsung dengan nilai standardized regression sebesar 0,168 dan nilai critical ratio (c.r.) sebesar 2,279 dengan nilai probabilitas (p) sebesar 0,001, (3) terdapat pengaruh signifikan motivasi terhadap minat melanjutkan studi Program Magister secara langsung dengan nilai standardized regression sebesar 0,486 dan nilai critical ratio (c.r.) sebesar 8,017 dengan nilai probabilitas (p) sebesar 0,000 dan terdapat pengaruh secara tidak langsung motivasi terhadap minat melanjutkan studi Program Magister melalui prestasi belajar sebesar 0,6%, (4) terdapat pengaruh signifikan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan studi Program Magister secara langsung dengan nilai standardized regression sebesar 0,510 dan nilai critical ratio (c.r.) sebesar 4,161 dengan nilai probabilitas (p) sebesar 0,000 dan terdapat pengaruh tidak langsung kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan studi Program Magister melalui prestasi belajar sebesar 0,5%, (5) tidak terdapat pengaruh signifikan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi Program Magister secara langsung pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi UNY. %A Siti Durroh Fatin Jannah %K Motivasi, Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Prestasi Belajar, Minat Melanjutkan Studi Program Magister %I Fakultas Ekonomi %O Pembimbing: Supriyanto, MM %T PENGARUH MOTIVASI DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN MINAT MELANJUTKAN STUDI PROGRAM MAGISTER PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2019