%A Yoga Bayu Saputra %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tanggung jawab terhadap rasa percaya diri siswa. Rasa percaya diri merupakan sikap yakin seseorang individu akan kemampuannya sendiri untuk melakukan suatu tindakan dengan penuh tanggung jawab dalam mencapai tujuan hidupnya. Kurangnya rasa percaya diri membuat seseorang mengalami konflik maupun hambatan dalam mencapai suatu tujuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-gugus 1 Panjatan Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 136 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 101 siswa yang diambil secara acak menggunakan Rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 17 siswa. Uji validitas instrumen dilakukan melalui validitas konstrak dan validitas eksternal. Uji reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas dari tanggung jawab adalah 0,706, sedangkan rasa percaya diri 0,854. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa besar nilai koefisien determinasi antara pengaruh tanggung jawab terhadap rasa percaya diri siswa adalah 0,003. Kesimpulannya tanggung jawab berpengaruh terhadap rasa percaya diri siswa kelas IV SD se-gugus 1 Panjatan Kabupaten Kulon Progo sebesar 0,3% Kata kunci : percaya diri, tanggung jawab. %D 2019 %T PENGARUH TANGGUNG JAWAB TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV SD SE GUGUS I KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO %L UNY63293 %I Fakultas Ilmu Pendidikan