TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/63271/ N2 - ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui gambaran pelaksanaan program peer counseling dilihat dari evaluasi antacedent, transaction-process, dan outcome; (2) menemukan faktor penghambat program peer counseling; (3) menemukan faktor pendorong program peer counseling. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan penelitian kualitatif. Model evaluasi yang dipakai adalah evaluasi Judgement. Informan kunci penelitian ini adalah 1 orang guru Bimbingan dan Konseling (konselor ahli), dan 6 siswa (3 konselor sebaya dan 3 konseli sebaya). Langkah penelitian dimulai dari evaluasi antacedent, transaction-process, dan outcome. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik model interaktif, yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan program peer counseling belum efektif dan perlu perbaikan. Terdapat kelemahan pada antacedent, transaction-process, dan outcome. Faktor penghambat program konseling sebaya secara teknis pada: (1) perekrutan konselor sebaya yang kurang sistematis, (2) pelatihan konselor sebaya yang belum tersusun rapi, (3) evaluasi konselor sebaya kurang mendalam, (4) konferensi kasus belum dilaksanakan; dan faktor non-teknis pada: (1) latar belakang calon konselor sebaya kurang baik, (2) anggapan negatif terhadap guru BK, (3) kurangnya publikasi dan sosialisasi konseling sebaya, (4) sarana- prasarana penunjang konseling, dan (5) latar belakang terbentuknya program. Faktor pendorong pelaksanaan konseling sebaya yaitu: (1) upaya konselor ahli, (2) kemampuan konselor sebaya, (3) kepercayaan konseli sebaya, dan (4) kerjasama PUSKESMAS Cangkringan. Kata kunci: evaluasi, program, konseling sebaya M1 - skripsi PB - Fakultas Ilmu Pendidikan TI - EVALUASI PROGRAM PEER COUNSELING DI SMP NEGERI 2 CANGKRINGAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA A1 - Zaenur Rijal, Rijal AV - restricted Y1 - 2018/07/02/ ID - UNY63271 ER -