%I Fakultas Ekonomi %D 2019 %T PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA, KEMAMPUAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDY KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 %K pendapatan orang tua, kemampuan belajar, lingkungan teman sebaya, minat melanjutkan study %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua, kemampuan belajar dan lingkungan teman sebaya secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap minat melanjutkan study ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan populasi sebanyak 63 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode sampel jenis sensus karena semua anggota populasi dijadikan subjek penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioneri. Teknik analisis data menggunakan regresi linear ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) tidak ada pengaruh pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi 2) terdapat pengaruh positif kemampuan belajar terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi 3) terdapat pengaruh positif lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi 4) terdapat pengaruh yang positif pendapatan orang tua, kemampuan belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi. Sumbangan Relatif (SR) pendapatan orang tua sebesar -0,47%, kemampuan belajar sebesar 46,46% dan lingkungan teman sebaya sebesar 54,01% terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi. Sementara itu, Sumbangan Efektif (SE) pendapatan orang tua sebesar -0,17%, kemampuan belajar sebesar 17,93% dan lingkungan teman sebaya sebesar 20,85% terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi. Besarnya Sumbangan Efektif (SE) dari ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 38,6%, sedangkan 61,4% berasal dari variabel lain yang tidak diteliti. %A Siti Nuraeningsih %O Pembimbing: Dr. Sugiharsono, M.Si %L UNY63245