%0 Thesis %9 S1 %A Larassati, Latifah %B Pendidikan Ekonomi %D 2019 %F UNY:63239 %I Fakultas Ekonomi %K media pembelajaran, kartu uno, alat evaluasi pembelajaran ekonomi %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU UNO SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA N 1 WATES %U http://eprints.uny.ac.id/63239/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran ekonomi kelas X; dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran ekonomi, dan tanggapan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau research and development (RnD) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada tahap development, media pembelajaran kartu uno dinilai oleh para ahli, ahli materi (dosen FE UNY), ahli media (dosen FE UNY), dan praktisi pembelajaran (guru ekonomi). Tahap implementasi media pembelajaran kartu uno dilakukan dua uji coba, uji coba kelompok kecil (uji terbatas) dan uji coba kelompok besar (uji pemakaian). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 SMA N 1 Wates. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian vasilitator dan lembar angket untuk uji pemakaian peserta didik dan praktisi pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan: 1) mengembangkan media pembelajaran kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran melalui lima tahapan, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi; 2) Media pembelajaran Kartu Uno sebagai alat evaluasi pembelajaran dinyatakan layak digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran ekonomi dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Kelayakan media pembelajaran Kartu Uno sebagai alat evaluasi dinilai berdasarkan dari: a) ahli materi memperoleh rata-rata skor akhir 3,82 termasuk dalam kriteria baik, b) ahli media memperoleh rata-rata skor akhir 4,325 termasuk dalam kriteria sangat baik, c) praktisi pembelajaran memperoleh rata-rata skor akhir 4,818 termasuk dalam kriteria sangat baik, dan tanggapan peserta didik dari kelompok kecil memperoleh rata-rata skor akhir 4,552 termasuk dalam kriteria sangat baik dan uji coba pemakaian memperoleh rata-rata skor 4,637 termasuk dalam kriteria sangat baik. %Z Pembimbing: Tejo Nurseto, M.Pd