%A Farid Helmi Setyawan %A Sofyan Susanto %X Tidak ada pendidikan yang lengkap tanpa kehadiran guru yang berkualitas. Kualitas guru diyakini sebagai faktor penting dalam pembelajaran di sekolah. Profesi keguruan merupakan profesi yang sedang berkembang. Bagi seorang guru, pengetahuan tentang profesi keguruan harus benar-benar dimiliki untuk dapat meningkatkan profesionalitas dalam melaksanakan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode Asistensi dalam mencegah Burnout bagi guru pasca sertifikasi dan peningkatan kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sampel guru pasca sertifikasi sejumlah 100 orang dari berbagai jenjang dengan rincian 10 orang guru TK, 20 orang guru SD, 30 orang guru SMP, 40 orang guru SMA/SMK. Hasil penelitian menunjukkan 1) dengan metode Asistensi, 87% guru terbebas dari burnout yang dialaminya; 2) antusias dalam meningkatkan profesionalisme semakin tinggi dilihat dari 89% guru mampu menyelesaikan tugas administrasi pembelajaran tepat waktu. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi kinerja guru. Kata kunci: kompetensi guru, asistensi, burnout %C Ruang Sidang Utama Rektorat UNY %T PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI METODE ASISTENSI DALAM MENCEGAH BURNOUT PASCA SERTIFIKASI %P 229-236 %D 2019 %L UNY63231