@inproceedings{UNY63229, month = {March}, author = {Natalina Premastuti Brataningrum and Laurentius Saptono}, year = {2019}, pages = {163--176}, title = {SUATU GAGASAN TENTANG DESAIN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PENCATATAN TRANSAKSI DALAM BUKU JURNAL UMUM UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS}, booktitle = {SEMINAR NASIONAL ?PROFESIONALISME GURU ABAD 21?}, abstract = {Makalah ini bertujuan untuk memaparkan gagasan tentang bagaimana desain pembelajaran yang kontekstual pada materi pencatatan transaksi dalam buku jurnal umum untuk siswa sekolah menengah atas. Desain pembelajaran ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman siswa-siswa terhadap subjek pembelajaran, keterlibatan siswa dalam pembelajaran, kerja sama, dan mengembangkan pemikiran dalam perspektif yang berbeda. Desain pembelajaran dirancang dengan model role-playing. Prosedur pengembangan desain pembelajaran role-playing dilakukan dengan mengadaptasi pandangan Chesler \& Fox (1966) dan Cherif \& Sommervill (1995) meliputi preparation and instruction, dramatic action, dan evaluation. Kata kunci: pembelajaran kontekstual, role-playing, pendidikan akuntansi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/63229/} }