eprintid: 6322
rev_number: 9
eprint_status: archive
userid: 325
dir: disk0/00/00/63/22
datestamp: 2012-09-26 07:56:25
lastmod: 2012-09-26 07:56:25
status_changed: 2012-09-26 07:56:25
type: article
metadata_visibility: show
creators_name: Surjono, Herman Dwi
creators_id: hermansurjono@uny.ac.id
corp_creators: Yogyakarta State University
title: Pengembangan Program Pengajaran Berbantuan Komputer (CAI) Dengan Sistem Authoring
ispublished: pub
subjects: telka
divisions: ft_jurdik_elka_pend_elka
full_text_status: public
abstract: Seiring dengan meningkatnya jumlah kepemilikan perangkat komputer oleh berbagai pihak, maka kebutuhan akan tersediannya program pengajaran berbantuan komputer (CAI) pun semakin meningkat dan perlu mendapat perhatian serius. Agar diperoleh efektifitas yang tinggi, maka pengembangan program CAI perlu direncanakan dengan baik yakni dengan memperhatikan aspek-aspek: umpan balik, percabangan, penilaian, monitoring kemajuan, petunjuk, dan tampilan. 
 
 Para pendidik yang kurang memahami bahasa pemrograman dapat mengembangkan program CAI secara profesional dengan menggunakan sistem authoring. Keuntungan sistem authoring dibanding dengan perangkat lunak authoring lainnya adalah kemudahan dan kesederhanaannya. Sedangkan kerugiannya adalah dalam hal kecepatan eksekusi dan kebutuhan memori. Namun dengan perkembangan perangkat keras saat ini, kerugian ini menjadi tidak terasa.
date: 1996
date_type: published
publication: Cakrawala Pendidikan
volume: XV
number: 2
publisher: Yogyakarta State University
pagerange: 47-58
refereed: TRUE
official_url: http://www.uny.ac.id/
related_url_url: http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/
related_url_type: author
citation:   Surjono, Herman Dwi  (1996) Pengembangan Program Pengajaran Berbantuan Komputer (CAI) Dengan Sistem Authoring.  Cakrawala Pendidikan, XV (2).  pp. 47-58.      
document_url: http://eprints.uny.ac.id/6322/1/Sistem_Authoring_herman_1996.pdf