%N 2 %L UNY6322 %A Herman Dwi Surjono %X Seiring dengan meningkatnya jumlah kepemilikan perangkat komputer oleh berbagai pihak, maka kebutuhan akan tersediannya program pengajaran berbantuan komputer (CAI) pun semakin meningkat dan perlu mendapat perhatian serius. Agar diperoleh efektifitas yang tinggi, maka pengembangan program CAI perlu direncanakan dengan baik yakni dengan memperhatikan aspek-aspek: umpan balik, percabangan, penilaian, monitoring kemajuan, petunjuk, dan tampilan. Para pendidik yang kurang memahami bahasa pemrograman dapat mengembangkan program CAI secara profesional dengan menggunakan sistem authoring. Keuntungan sistem authoring dibanding dengan perangkat lunak authoring lainnya adalah kemudahan dan kesederhanaannya. Sedangkan kerugiannya adalah dalam hal kecepatan eksekusi dan kebutuhan memori. Namun dengan perkembangan perangkat keras saat ini, kerugian ini menjadi tidak terasa. %I Yogyakarta State University %J Cakrawala Pendidikan %D 1996 %V XV %T Pengembangan Program Pengajaran Berbantuan Komputer (CAI) Dengan Sistem Authoring %P 47-58