@inproceedings{UNY63218, pages = {112--126}, year = {2019}, month = {March}, title = {PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN UNJUK KERJA KOMPETENSI AKUNTANSI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN}, author = {Suwarno Suwarno}, booktitle = {SEMINAR NASIONAL ?PROFESIONALISME GURU ABAD 21?}, url = {http://eprints.uny.ac.id/63218/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan menghasilkan rubrik penilaian unjuk kerja kompetensi akuntansi pada siswa sekolah menengah kejuruan yang valid dan reliabel. Prosedur yang dilakukan melalui empat tahap yaitu: tahap awal; tahap desain; tahap ujicoba dan revisi; dan tahap implementasi. Subjek penelitian adalah guru program keahlian Akuntansi sebanyak 12 rater yang berasal sekolah negeri dan sekolah swasta. Semua rater diberi penjelasan tentang penggunaan rubrik penilaian. Teknik Analisis Data untuk Validitas isi dengan indeks yang diusulkan oleh Aiken. Sedangkan Reliabilitas menggunakan koefisien korelasi antar kelas (Intraclass Correlation Coefficient) (ICC). Karena hasil hitung di atas tabel dapat disimpulkan bahwa rubrik yang dikembangkan memenuhi validitas isi. Jika diestimasi dengan menggunakan Koefisien Alpha menghasilkan reliabilitas digolongan istimewa (excellent). Apabila dianalisis dengan ICC: maka rubrik yang dikembangkan dapat disimpulkan reliabel dan memiliki stabilitas yang tinggi. Kata Kunci : Pengembangan, Rubrik, Akuntansi} }