eprintid: 63211 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1213 dir: disk0/00/06/32/11 datestamp: 2019-03-22 06:43:04 lastmod: 2019-03-22 06:43:04 status_changed: 2019-03-22 06:43:04 type: conference_item metadata_visibility: show creators_name: Rosardi, Raras Gistha creators_id: rarasgistha@uny.ac.id title: PENERAPAN ENTREPRENEUR SKILLS BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENUMBUHAN KECAKAPAN VOKASIONAL PADA PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: D9 divisions: baki full_text_status: public pres_type: paper abstract: Upaya meningkatkan mutu pendidikan merupakan kewajiban bagi setiap warga negara. Umumnya pembelajaran di sekolah masih didominasi oleh muatan pengetahuan yang tidak dekat dengan kehidupan sehari-hari. Pendidikan kecakapan hidup merupakan strategi yang perlu dikembangkan karena memiliki substansi yang begitu besar untuk kemajuan kualitas pendidikan Indonesia. Pendidikan kecakapan hidup terdiri dari lima unsur yaitu kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan berpikir, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional. Kecakapan vokasional dapat dijadikan sebagai variable untuk mengukur, menumbuhkan dan mengembangkan kualitas pembelajaran melalui media inovatif. Dalam hal ini penulis melakukan sebuah penelitian yaitu PENERAPAN ENTREPRENEUR SKILLS BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENUMBUHAN KECAKAPAN VOKASIONAL PADA PESERTA DIDIK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Yogyakarta. Data diperoleh dari lembar kerja siswa, lembar penilaian, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tindakan yang dilakukan oleh guru meliputi: (1) Penilaian proses pembelajaran, pada siklus I diperoleh skor 31 berada dalam kategori tinggi, siklus II diperoleh skor 36 berada dalam kategori tinggi dan siklus III diperoleh skor 42 berada dalam kategori sangat tinggi. Tindakan yang dilakukan oleh siswa meliputi: (a) Penumbuhan kecakapan vokasional pada siswa melalui penerapan Entrepreneur Skills Book diperoleh hasil yaitu pada siklus I mayoritas berada dalam kategori sedang sebanyak 40%, siklus II berada dalam kategori sangat tinggi sebanyak 63,33% dan siklus III berada dalam kategori sangat tinggi sebanyak 83,33%. (b) Peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan Entrepreneur Skills Book diperoleh hasil pada siklus I siswa yang berada dalam kategori tuntas sebanyak 73,33%, siklus II sebanyak 83,33% dan siklus III sebanyak 90%. Kata Kunci: Entrepreneur, Media Pembelajaran, Kecakapan Vokasional date: 2019-03-22 date_type: published pagerange: 89-102 event_title: SEMINAR NASIONAL “PROFESIONALISME GURU ABAD 21” event_location: Ruang Sidang Utama Rektorat UNY event_dates: Sabtu, 28 April 2018 refereed: TRUE citation: Rosardi, Raras Gistha (2019) PENERAPAN ENTREPRENEUR SKILLS BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENUMBUHAN KECAKAPAN VOKASIONAL PADA PESERTA DIDIK. In: SEMINAR NASIONAL “PROFESIONALISME GURU ABAD 21”, Sabtu, 28 April 2018, Ruang Sidang Utama Rektorat UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/63211/1/PROSIDING%20GURU%20XXI%20-10%20PENERAPAN%20ENTREPRENEUR%20SKILLS%20BOOK%20SEBAGAI%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20DALAM%20UPAYA%20PENUMBUHAN%20KECAKAPAN%20VOKASIONAL%20PADA%20PESERTA%20DIDIK.pdf