eprintid: 63209 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1213 dir: disk0/00/06/32/09 datestamp: 2019-03-22 06:29:01 lastmod: 2019-03-22 06:29:01 status_changed: 2019-03-22 06:29:01 type: conference_item metadata_visibility: show creators_name: Endang Lestariningsih, Fransisca creators_id: endang@staff.ukdw.ac.id title: KEBUTUHAN KOMPETENSI PEDAGOGI PENGAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK TUJUAN KHUSUS PADA ABAD 21 ispublished: pub subjects: D6 full_text_status: public pres_type: paper abstract: Kemampuan berbahasa Inggris siswa dan mahasiswa di Indonesia tidak lepas dari peran pengajar bahasa Inggris. Secara formal para siswa dan mahasiswa ini telah belajar bahasa Inggris sejak mereka duduk di bangku sekolah menengah pertama, bahkan ada yang memulai mempelajarinya sejak di bangku sekolah dasar. Permasalahan ini akan semakin kompleks apabila mereka dihadapkan pada kebutuhan mempelajari bahasa Inggris untuk tujuan khusus. Oleh karenanya para pengajar bahasa Inggris yang mengajarkan English for Specific Purposes (ESP) dituntut untuk lebih kreatif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para peserta didik (siswa dan mahasiswa). Kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh para pengajar bahasa adalah kemampuan pedagogi. Karakteristik pedagogi yang ditawarkan Brown dengan disertai dengan kemampuan pengajar melakukan analisa kebutuhan masih sangat relevan untuk meningkatkan pembelajaran ESP ini. Kata kunci: bahasa Inggris untuk tujuan khusus, kemampuan pedagogi, karakteristik pengajar bahasa date: 2019-03-22 pagerange: 65-71 event_title: SEMINAR NASIONAL “PROFESIONALISME GURU ABAD 21” event_location: Ruang Sidang Utama Rektorat UNY event_dates: Sabtu, 28 April 2018 event_type: workshop refereed: TRUE citation: Endang Lestariningsih, Fransisca (2019) KEBUTUHAN KOMPETENSI PEDAGOGI PENGAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK TUJUAN KHUSUS PADA ABAD 21. In: SEMINAR NASIONAL “PROFESIONALISME GURU ABAD 21”, Sabtu, 28 April 2018, Ruang Sidang Utama Rektorat UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/63209/1/PROSIDING%20GURU%20XXI%20-7%20KEBUTUHAN%20KOMPETENSI%20PEDAGOGI.pdf