%X Pendidikan merupakan salah satu upaya yang sistematis untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Guru yang berkualitas dan profesioal merupakan syarat mutlak untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas hingga dapat menghasilkan generasi yang berkualitas juga. Mengingat pentingnya permasalahan tersebut maka profesionalisme dan motivasi guru perlu diteliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survai yaitu: jenis penelitian yang mengumpulkan informasi tentang karakteristik, tindakan, pendapat dari sekelompok responden yang representative yang dianggap sebagai populasi. Desain survai yang dipilih adalah cross-sectional survey dengan sampel tertentu dalam jangka waktu yang relative pendek. Populasi penelitian adalah guru IPS SMP/Mts di Kabupaten Sleman yang berjumlah 239 orang yang mengajar pada sekolah swasta maupun negeri. Dengan teknik simple random sampling tim peneliti mengambil sampel sebanyak 41 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang terdiri dari 32 item pertanyaan. Teknik analisis data yang dipergunakan statistik diskriptif dengan menghitung mean, modus dan median untuk menemukan dan menggambarkan tendensi sentral profesionalisme guru IPS di Kabupaten Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru IPS SMP/Mts di Kabupaten Sleman dalam kategori baik. Dari lima aspek yang disurvai, dua aspek yang menunjukkan baik, sedangkan empat aspek lainnya kategori cukup. Keempat aspek yang disurvai yaitu: kemampuan akademik (2,55), kemampuan guru dalam penelitian dan karya ilmiah (2,43), kemampuan dalam pengembangan profesi (2,93), wawasan kependidikan guru (2,93). Satu aspek lainnya yang disurvai adalah motivasi dan dorongan untuk berprestasi yaitu 2,94. Kata Kunci: Profesionalisme, Guru, IPS %A Agustina Tri Wijayanti, %A Sudrajat %A Nasiwan %L UNY63201 %C Ruang Sidang Utama Rektorat UNY %P 22-35 %D 2019 %T PROFESIONALISME GURU IPS DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA