TY - THES Y1 - 2019/03/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kecerdasan emosi siswa, (2) mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa, dan (3) mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan kemandirian belajar. Kemandirian belajar merupakan sikap dan perilaku siswa dalam mengatur sendiri kegiatan belajar dengan memberdayakan kemampuan yang dimiliki dan meminimalkan ketergantungan terhadap orang lain dalam mencapai tujuan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex-post facto dan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD se-Gugus I Kecamatan Wates sejumlah 228 siswa dengan sampel penelitian 145 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dengan teknik expert judgement, sedangkan untuk mengetahui daya beda item menggunakan metode Korelasi Pearson. Reliabilitas instrumen diketahui dengan Cronbach?s Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dengan kemandirian belajar siswa kelas III SD se- Gugus I Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo. Hal tersebut berdasarkan pada hasil penelitian dengan menggunakan korelasi Product Moment Pearson yang menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,771 dan taraf signifikansi 0,000 (0,000 ? 0,05). Kata Kunci: kecerdasan emosi, kemandirian belajar A1 - Alifiyarti, Tissa PB - Fakultas Ilmu Pendidikan AV - restricted TI - HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS III SD SE-GUGUS I KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO M1 - skripsi ID - UNY63141 UR - http://eprints.uny.ac.id/63141/ ER -