@phdthesis{UNY63122, year = {2019}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, title = {PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SD BEJI WATES KULON PROGO}, author = {Fitri Agustini}, month = {March}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pembelajaran individual anak tunagrahita ringan di SD Beji, Wates, Kulon progo. Program pembelajaran individual meliputi penilaian kebutuhan siswa tunagrahita ringan, pengembangan tujuan jangka pendek, pengembangan metode, dan media pembelajaran, sertapenilaian kemajuan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas IV, dan kepala sekolah SD Beji. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, danpedoman studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data,kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan program pembelajaran individual anak tunagrahita ringan di SD Beji sebagai berikut: 1) penilaian kebutuhan siswa tunagrahita ringan dengan memberikan perhatian dan bimbingan setelah guru selesai memberikan materi kepada siswa reguler;2) pengembangan tujuan pembelajaran berupa tujuan jangka pendek untuk satu kali pembelajaran; 3) pembelajaran menitikberatkan pada metode dan media pembelajaran yang disamakan dengan siswa reguler; 4) Penilaian kemajuan belajar dengan menggunakan kriteria penilaian yang berbeda dari siswa reguler. Kata kunci: program pembelajaran individual, tunagrahita ringan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/63122/} }