TY - THES AV - public M1 - skripsi PB - Universitas Negeri Yogyakarta KW - game edukasi KW - ISO 25010 KW - media pembelajaran KW - teknik animasi dua dimensi Y1 - 2019/03/08/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran berbentuk game edukasi berbasis desktop dengan sistem operasi Windows (2) menguji kualitas perangkat lunak media pembelajaran game edukasi yang dikembangkan berdasarkan standar pengujian kualitas perangkat lunak ISO 25010 pada aspek functional suitability dan aspek usability. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan perangkat lunak Waterfall yang memiliki tahapan communication, planning, modeling, construction dan deployment. Pada pengujian functional suitability dilakukan oleh dua ahli media, sedangkan pengujian usability dilakukan terhadap 31 peserta didik kelas XI kompetensi keahlian Multimedia di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah (1) media pembelajaran game edukasi teknik animasi dua dimensi sudah mampu menampilkan materi, video dan evaluasi dan (2) hasil pengujian menunjukkan game edukasi telah memenuhi standar kualitas ISO 25010 pada aspek functional suitability sebesar 100% dan pada aspek usability sebesar 85,68%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi masuk ke dalam ketegori sangat layak. A1 - Hidayat, Arif TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI DUA DIMENSI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA ID - UNY63120 UR - http://eprints.uny.ac.id/63120/ ER -