TY - THES ID - UNY62955 UR - http://eprints.uny.ac.id/62955/ AV - restricted M1 - skripsi PB - Fakultas Ilmu Pendidikan N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan pembelajaran siswa tunadaksa di kelas V SD Negeri Gunungdani Pengasih Kulon Progo. Aspek yang diteliti meliputi layanan pembelajaran yang dilakukan guru kelas V kepada siswa tunadaksa di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian guru kelas V SD Negeri Gunungdani. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memberikan layanan pembelajaran kepada siswa tunadaksa di kelas V sebagai berikut: 1)membangkitkan motivasi dengan memberikan tambahan waktu dalam mengerjakan tugas belajar, penyesuaian tugas belajar, serta penataan tempat duduk siswa; 2)memberikan perhatian dengan menyiapkan siswa sebelum belajar secara fisik dan menggunakan apresepsi, melibatkan siswa tunadaksa dalam seluruh kegiatan pembelajaran, serta menggunakan metode dan media yang mampu melibatkan siswa tunadaksa; 3)mengulang kembali dan memberikan pertanyaan mengenai materi pembelajaran sebelumnya menggunakan bahasa sehari-hari agar siswa tunadaksa mampu mengulang kembali materi yang telah diajarkan; 4)memberikan pekerjaan rumah serta perintah untuk menerapkan pengetahuan di sekolah dalam kehidupan sehari-hari untuk mengembangkan kemampuan generalisasi siswa; 5)meningkatkan respon siswa dengan memberikan pertanyaan secara individu terkait dengan pemahaman siswa terhadap materi ajar; 6)memberikan balikan dan penguatan berupa reward lisan, tepuk tangan, dan nasihat. Kata kunci : layanan pembelajaran, siswa tunadaksa Y1 - 2019/02/28/ TI - LAYANAN PEMBELAJARAN SISWA TUNADAKSA DI KELAS V SD NEGERI GUNUNGDANI PENGASIH KULON PROGO A1 - Indriana, Romi ER -