TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/62951/ ID - UNY62951 Y1 - 2019/02/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Serut, Gedangsari Tahun Ajaran 2018/2019 dengan menggunakan Pembelajaran Matematik Realistik (PMR). Penerapan PMR dengan langkah pemberian dan penyelesaian masalah, penalaran, komunikasi, kepercayaan diri, dan representasi. Peneletian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Serut, Gedangsari, Gunungkidul. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Serut sebanyak 12 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 80% dari total keseluruhan siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu ? 75. Hasil penelitian dengan menerapkan Pembelajaran Matematik Realistik (PMR). dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Serut. Pada pratindakan siswa yang mencapai KKM sebanyak 1 siswa (8,33%). Siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 8 siswa (66,67%) dan presentase aktivitas siswa mencapai 81,94% kategori sangat baik. Pada siklus II ada satu siswa yang tidak masuk sehingga jumlah siswa hanya 11. Siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 11 siswa (100%) dan presentase aktivitas siswa meningkat menjadi 92,4% kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar pratindakan ke siklus I sebesar 58,33%. Peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 33,33%. Kata kunci: hasil belajar matematika, Pembelajaran Matematik Realistik (PMR). PB - Fakultas Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDN SERUT TAHUN AJARAN 2018/2019 A1 - Pamungkas, Anggit Fajar M1 - skripsi AV - restricted ER -