%0 Thesis %9 S1 %A Miswah, Soraya Mir’atun %B Fakutas Teknik UNY %D 2019 %F UNY:62934 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Problem Based Learning, keaktifan, hasil belajar, Dasar Desain Grafi %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X SMK NEGERI 1 JUWIRING %U http://eprints.uny.ac.id/62934/ %X Penelitian bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Dasar Desain Grafis siswa kelas X SMK Negeri 1 Juwiring dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas X TKJ 2 berjumlah 36 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi keaktifan belajar, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Juwiring. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat pada masing-masing siklus. Rata-rata prosentase keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 55,28% , kemudian meningkat pada siklus II menjadi 67,08%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dengan adanya peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa. Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 38,89% kemudian mengalami kenaikan di siklus I menjadi 58,33% dan 69,44% di siklus II. Keaktifan belajar yang mengalami kenaikan presentase paling tinggi adalah membuat rangkuman selama pembelajaran dan menjawab pertanyaan teman sebesar 33,33%.