TY - THES KW - multimedia pembelajaran interaktif KW - perakitan komputer. ID - UNY62933 Y1 - 2019/02/19/ PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MERAKIT KOMPUTER UNTUK SISWA KELAS X DI SMK A1 - Asnad, Arief AV - public N2 - siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi perakitan komputer karena mereka tidak antusias selama pembelajaran berlangsung. Siswa merasa bosan sehingga lebih sering mengobrol dengan teman sebangku dan tertidur selama kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif pada materi merakit komputer untuk siswa kelas X di SMK; dan 2) Mengetahui kelayakan mutimedia pembelajaran interaktif pada materi perakitan komputer di SMK PIRI 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan research and development (R&D) mengacu pada model ADDIE yang dibatasi menjadi ADD. Tahapan model ini meliputi analysis (analisis), design (desain), dan development (pengembangan). Penilaian produk dilakukan oleh dua ahli materi, dua ahli media, dan satu orang guru Teknik Komputer Jaringan. Uji coba produk dilakukan kepada 25 siswa kelas X jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK PIRI 2 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data adalah lembar angket kualitas media. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada materi merakit komputer untuk siswa kelas X di SMK berisi materi perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, dan cara merakit komputer yang dilengkapi video tutorial; dan 2) Multimedia pembelajaran interaktif pada materi merakit komputer dinyatakan layak oleh reviewer ditinjau dari aspek materi (56,67%), aspek media (70,00%) yang berkategorikan setuju, dan respon positif siswa sebanyak 89,21%. Hal tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif materi perakitan komputer hasil pengembangan layak digunakan sabagai media pembelajaran di SMK PIRI 2 Yogyakarta. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/62933/ ER -