%X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi aktivitas fisik, makan pagi, dan kontribusi keduanya terhadap hasi belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri Gugus 1 Kecamatan KotagedeYogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 175 siswa. Teknik penambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan 120 data dijadikan sampel data penelitian. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivitas fisik, makan pagi, dan hasil belajar kognitif. Teknik pengumpulan data dengan Physical Activity Questionnaire for Older Children (PAQ-C) dimodifikasi, angket makan pagi, dan dokumentasi nilai hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Uji validitas empirik dan uji pra syarat dengan uji normalitas, uji liniearitas dan uji multikorelasi. Hipotesis satu dan dua diuji dengan regresi liniear sederhana, hipotesis tiga dengan regresi linier berganda. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa (1) aktivitas fisik berkontribusi kecil terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Kotagede dengan koefisien determinasi sebesar 0,01%, (2) makan pagi berkontribusi kecil terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Kotagede dengan koefisien determinasi sebesar 0,7%, dan (3) aktivitas fisik dan makan pagi bersamaan berkontribusi kecil terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Kotagede dengan koefisien determinasi sebesar 0,7% sedangkan 99,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Aktivitas Fisik, Makan Pagi, Hasil Belajar Kognitif %D 2019 %T KONTRIBUSI AKTIVITAS FISIK DAN MAKAN PAGI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS I KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA %A Agung Pratama Putra %L UNY62875 %I Fakultas Ilmu Pendidikan